Frianto Moerdowo

Blockchain Trading Card Game

Karena COVID-19 yang membuat kita tidak bisa keluar rumah alias lockdown, jadi banyak waktu luang untuk mengikuti kelas online yang sudah lama tertunda. Salah satu kelas online yang diikuti adalah Blockchain Developer Nano Degree dari Udacity. Dalam salah satu topiknya adalah membahas ethereum dan aplikasinya untuk membuat token dan dApps (decentralized apps). Kita diminta untuk mengeksplorasi transaksi ethereum di web etherscan, salah satu nya adalah eksplorasi token-token yang ada di platform ethereum saat ini dan jumlah transaksinya yang terjadi per hari. Salah satu dari token ERC721 yang ada di ranking tertinggi adalah Gods Unchained Cards (CARD), A TCG on the Ethereum blockchain that uses NFT’s to bring real ownership to in-game assets. Seketika itu juga saya langsung berpikir ini adalah ide yang menarik. Sebagai salah satu penggemar card game seperti Yu-gi-oh! dan Hearthstone, aplikasi token pada kepemilikan kartu adalah hal yang luar biasa, karena dengan menjadikan akrtu kita sebagai ERC721 token, makan kita bisa menjual, membeli dan bertukar kartu dengan pemain lainnya layaknya kita memiliki kartu fisik.

Seketika itu saya langsung mambuka webnya dan mendownload gamenya. Dari sisi gamenya, sangat mirip sekali dengan Hearthstone dari Blizzard, namun aplikasi blockchain pada permainan kartu ini menjadi spesial, membuat game menjadi lebih hidup, dan mengkoleksi kartu juga semakin seru. Bayangkan, jika kita beruntung, kita bisa mendapatkan kartu langka dan menjualnya dengan harga yang tinggi di marketplace yang disediakan oleh gamenya atau di marketplace terbuka seperti opensea dan tokentrove. Bahkan beberapa kartu langka sudah menyentuh angka ratusan juta rupiah (berdasarkan harga ETH saat blog ini ditulis).

Layaknya Hearthstone, kartu dibedakan berdasarkan kelangkaannya yaitu: common, rare, epic dan legendary. Penjelasan selengkapnya sudah diulas lengkap disini. Saat dicoba gamenya masih banyak bug dan sedikit lambat walaupun sudah dalam tahap playable, semoga kedepan semakin baik karena gamenya sangat seru.

Konsep seperti inilah yang diharapkan bisa banyak diterapkan pada game yang menonjolkan keseruan dalam mengkoleksi digital asset, dimana digital asset yang kita punya bisa ditransaksikan, ditunggu aplikasi lainnya seperti misalnya game pokemon, kita bisa berburu pokemon langka yang bisa kita barter, jual, beli dan diadu dengan pemain lainnya. Memang dari sisi aksesibilitas perlu ditingkatkan, karena saat ini jika kita ingin bertransaksi dalam game, kita harus memiliki crypto wallet / digital identity seperti metamask yang mana belum banyak orang yang tahu, namun ini hanyalah masalah waktu menurut saya.

Sumber gambar: https://godsunchained.com/